Popular Post

Posted by : Jannes Prasetya Senin, 21 Oktober 2013


Di saat cuaca sedang panas, minuman segar seperti aneka macam es banyak dicari masyarakat. Salah satu menu es yang banyak digemari konsumen yaitu ES DOGER. Minuman segar yang terbuat dari serutan es batu dan dicampur dengan pacar cina serta berbagai macam buah ini, berhasil memikat para konsumen minuman segar.

Target pasar bisnis minuman es doger adalah semua orang, terutama di siang hari yang panas. Karena sebagian besar masyarakat, menyukai minuman segar pada saat mereka merasa gerah dan panas. Dari mulai anak kecil, remaja, sampai orang dewasa menjadi penggemar es doger, karena selain rasanya nikmat harganya juga cukup hemat.

Berikut resep pembuatan es doger yang dapat dicoba untuk membuka peluang usaha:

Bahan es serut
3 liter santan dari 2 butir kelapa
800 gram gula pasir
1 sdt garam

Bahan
200 gram kelapa muda, serut kasar
200 gram tape singkong, potong kotak
100 gram ketan hitam, rebus hingga matang dan kental
50 gram pacar cina, rebus hingga matang
200 gram avokad, kerok daging buahnya
50 gram nangka, potong kecil-kecil
750 gram es batu, serut
Sirup rose atau cocopandan 200 ml
Susu kental manis secukupnya

Cara membuat :
1.  Buat es serut. Campurkan semua bahan. Lalu rebus hingga mendidih sambil diaduk agar santan tidak pecah. Angkat, dinginkan. Kemas dalam kantong plastik, bekukan di dalam lemari es. Keluarkan, lalu blender atau serut hingga halus.
2.  Masukan semua bahan isian ke dalam gelas, tambahkan es serut bersantan yang telah siap. Tuangkan susu kental manis sesuai selera Anda. Kemudian tambahkan sirup cocopandan dan susu kental manis.


Resiko Usaha:
Salah satu resiko kegagalan yang sering terjadi adalah, gagalnya membuat santan pada es serut. Karena kurang adukan, biasanya santan akan pecah. Oleh karena itu jangan sampai berhenti mengaduk santan, pada saat proses perebusan.
Selain itu resiko bisnis yang sering dialami yaitu, hujan yang turun pada siang hari. Karena jika hujan turun, minat konsumen akan minuman es juga bekurang. Jsdi penjualan es doger pun juga menurun.

Salah satu keuntungan es doger yaitu, menu minuman ini sering dijadikan sebagai menu untuk menjamu tamu pada acara tertentu. Seperti arisan, pesta pernikahan, atau acara seminar, sehingga pemasarannya juga tidak terpaku pada penjualan sehari-hari saja.
Agar konsumen mengetahui produk Anda, sebaiknya pilih lokasi usaha yang cukup strategis. Misalnya saja di lingkungan sekolah, kampus, di depan pusat perbelanjaan, atau ditempat keramaian seperti mall atau taman bermain anak. Selain itu promosi juga bisa dilakukan dengan memasang spanduk atau baner di gerobak yang digunakan untuk usaha. Ini dilakukan agar konsumen yang melewati jalan tersebut mengetahui keberadaan bisnis minuman es doger milik Anda.

Catatan:
Jangan pernah menurunkan kualitas bahan baku, walaupun bisnis Anda ramai dikunjungi konsumen. Namun jangan sekali-kali melakukan kecurangan dengan menurunkan kualitas bahan, dan mengganti gula dengan pemanis buatan. Jika Anda melakukannya, maka sedikit demi sedikit para konsumen akan pergi meninggalkan Anda. Dan lebih parahnya lagi, image buruk tersebut akan menyebar dengan cepat di kalangan masyarakat.

{ 3 komentar... read them below or Comment }

  1. haha,
    perlu dikembangkan,bang !

    visit us,yo..

    BalasHapus
  2. sopasti ,sob !
    makanya jualan es doger ,sana.
    haha.

    BalasHapus
  3. saya sering berkunjung di blog-blog, postingan ini sangat menarik serta enak dibaca.... saya berharap bisa berkunjung lagi

    BalasHapus

- Copyright © |Cigugur_Street| - C.Street - Powered by Blogger - CigugurStreet Newbie-IT -