Popular Post

Posted by : Jannes Prasetya Senin, 21 Oktober 2013



Serabi merupakan satu dari ribuan jajanan tradisional asli Indonesia. 

Kue tradisional serabi menjadi makanan tradisional dari daerah Solo dan Bandung. Namun kue serabi dari kedua daerah tersebut memiliki perbedaan, baik bentuk, rasa maupun penyajiannya.
Biasanya serabi solo terbuat dari tepung beras, dan santannya juga dimasak jadi satu dengan kue serabi. Sedangkan untuk serabi Bandung terbuat dari tepung terigu, serta disajikan bersama air gula dan santan yang biasa disebut dengan kinca.

Jajanan tradisional ini banyak dijual di pasar tradisional atau di beberapa toko roti   yang ada di sekitar daerah tersebut. Walaupun serabi merupakan jajanan tradisional, namun peminatnya masih sangat banyak. Sehingga banyak orang yang menjadikan kue ini sebagai peluang usaha.
Usaha kue serabi pun saat ini banyak ditemukan di pinggir jalan, di depan supermarket atau di beberapa lokasi ramai yang ada di kota. Walaupun ini jajanan pasar, tapi peminatnya tidak hanya dari kalangan bawah saja. Sebab saat ini serabi telah berkembang dengan berbagai inovasi menjadi menu baru yang menarik konsumen kota, yaitu dengan menambahkan  berbagai macam toping seperti keju, cokelat, atau pisang pada serabi.

Jika Anda ingin mencoba peluang bisnis kue serabi, berikut saya berikan informasi mengenai resep pembuatan kue serabi yang dapat Anda coba di rumah.

Bahan-bahan :
175 gram tepung beras
25 gram tepung kanji
50 gram tepung terigu
2 sdm gula pasir
2 sdt garam
400 ml santan cair dari ½ butir kelapa
125 ml santan kental dari ½ butir kelapa
Kinca :
500 ml santan dan 1 butir kelapa
175 gram gula merah, iris tipis
2 sdm gula pasir
¼ sdt garam
2 lembar daun pandan
Cara membuat :
1. Campurkan tepung beras, tepung kanji, dan tepung terigu. Tambahkan gula pasir dan garam. Masukan santan cair sedikit demi sedikit. Aduk rata hingga membentuk adonan. Terakhir, masukan santan kental
2. Panaskan cetakan serabi. Olesi dasarnya dengan ampas kelapa agar tidak lengket. Tuangkan satu sendok sayur adonan, kemudian tutup. Masak hingga matang.
3. Rebus bahan pembuat kinca sambil terus diaduk hingga mendidih. Angkat dan dinginkan.
4. Sajikan serabi bersama dengan kinca.

Okay, Selamat Mencoba !!

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © |Cigugur_Street| - C.Street - Powered by Blogger - CigugurStreet Newbie-IT -